Mulailah Dari Hal Kecil

Melanjutkan bahasan dari postingan sebelumnya. Kita perlu untuk melatih kemampuan yang kita fokuskan. Tidak harus selalu dengan yang besar, tapi dengan hal-hal kecil yang ternyata cukup baik untuk kita melatihnya setiap waktu.

Kalau Bapak selalu bilang adalah ‘Bisa karena Biasa’. Jadi coba latihlah kemampuan kita dengan hal-hal yang ringan tapi rutin. Seperti halnya petinju atau atlet. Latihan rutin yang kecil-kecil juga dapat meningkatkan kemampuan. Lari, peregangan otot, mengkonsumsi makanan yang sehat dan masih banyak lagi.

Saya juga selalu melakukannya. Dalam hal MC atau Public Speaking, saya masih sering untuk membuat draft yang dapat membantu ketika melakukan dua hal itu. Senam mulut dan mencoba di depan cermin juga masih sering saya lakukan. Melihat berbagai macam pakaian yang cocok untuk berbagai macam acara (Ya, walaupun nggak harus beli. Bisa di endorse lebih baik hihihi) dan masih banyak hal kecil yang membuat saya saya menjadi meningkat kemampuannya. Oh iya, kadang juga masih belajar dari youtube atau ikut seminar dan diskusi tentang 2 hal tersebut juga menjadi salah satu cara untuk menimba ilmu keduanya. Dan sekali lagi, jangan lupa untuk “bertanding” atau mempraktekkan nya di lapangan.

Kalau kamu sudah tahu ‘tabung energi’ mana yang akan kamu tingkatkan, coba mulailah dari hal-hal kecil terlebih dahulu. Ini jago bulu tangkis, coba sering latihan dengan teman-teman. Ikuti perlobaan, tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan atau syukur-syukur bisa lebih lagi. Kalau mau jago masak, ya mulai berani mencoba dengan resep-resep ringan dan yang simple dulu. Coba sajikan untuk orang lain, dengarkan pendapat mereka.

Semua itu butuh proses. Tapi yakin saja kalau kita menikmatinya, proses itu bukan menjadi beban tapi malah menjadi pengalaman yang dapat kita rasakan setiap hari. Kalau gagal? ya coba lagi.

“Kalau kita mencoba, berarti kita punya kesempatan 50% berhasil dan 50% belum berhasil. Namun, jika kita tidak mencoba maka 100% kita gagal” 🙂

 

19 April 2016

Denta Aditya

One thought on “Mulailah Dari Hal Kecil

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.